Pelajari 4 Teknik Dasar Kempo Agar Mampu Menangkis Serangan Lawan

shorinji kempo



Sobat Panther sudah tahu bela diri Kempo? Di Indonesia, bela diri Kempo ini sudah banyak diminati oleh anak-anak sampai dewasa, loh. Karena, bukan termasuk bela diri yang sulit untuk dipelajari. Buktinya, banyak anak-anak, remaja sampai orang dewasa ikut berlatih Kempo setiap minggunya di Decathlon Bekasi.

Bela diri ini sangat terkenal di Jepang. Karena, memang asalnya dari Jepang. Dimana bela diri ini menitik-beratkan gerakan tangan. Tapi, sebenarnya Kempo juga banyak mengajarkan hal-hal dasar selama latihan. Teknik dasar ini akan diajarkan secara terbuka dengan bantuan Senpai sebagai pelatih profesional.

Nah, teknik seperti apa saja yang akan diajarkan setiap latihan Kempo nanti? Simak artikel ini sampai tuntas, ya!

Teknik Dasar Gerakan Kempo


GOHO


Teknik ini dikenal sebagai gerakan yang “keras”. Karena, tujuan dari gerakan ini adalah menghindar dari serangan lawan dan menangkis juga membelokkan pukulan dari lawan. Tetapi, bukan hanya pukulan yang bisa dibelokkan, bahkan tendangan dari lawan pun bisa dibelokkan dengan teknik ini. Barulah setelahnya kita bisa menyerang balik.

Tangkisan pada lawan, tidak akan langsung menyasar untuk menyerang. Namun, justru serangan dapat dilakukan ketika membelokkan baik pukulan maupun tendangan ke arah lain. Dengan begitu, serangan yang dikeluarkan tidak membutuhkan banyak energi atau tenaga. Teknik Goho ini terbukti sangat signifikan dan efektif untuk menghindar dari serangan lawan dan menyerang lawan jika diperlukan.

Teknik ini sangatlah menguntungkan bagi mereka yang memiliki tubuh kecil. Karena, gerakan ini didesain untuk melemahkan lawan. Meski lawan bertubuh besar, namun gerakan ini cukup efektif menahan serangan tanpa menciderainya. Sekaligus, tenaga yang dikeluarkan lebih minimal.


JUHO


Ini adalah teknik kuncian, mengelak dan membanting tubuh lawan saat dalam keadaan ditangkap atau dijepit oleh lawan. Teknik ini bisa digunakan jika Sobat Panther tengah berada di situasi terdesak. Dimana lawan sudah sangat dekat jaraknya dengan tubuh Sobat Panther. Dengan menggunakan teknik ini, maka keseimbangan lawan akan terganggu. Sehingga memberi kemudahan untuk Sobat Panther menyerang untuk mendesak mereka menjauh.

Teknik ini menyasar pada bagian atau titik terlemah pada lawan. Seperti titik paling lemah saat mencengkram. Kemudian, teknik empasan saat menyerang atau gerakan yang akan membuat penyerang kehilangan keseimbangan.

Dalam prinsip bela diri Kempo. Tidak ada gerakan yang ditujukan untuk mempertemukan tenaga dengan tenaga. Maksudnya, tidak ada jurus untuk menyerang saat lawan sedang menyerang. Adanya, teknik untuk menghindar saat lawan menyerang. Kemudian, menemukan titik lemah sehingga serangan kita pada lawan bisa dilakukan dengan tenaga seminimal mungkin.




Gerakan dalam Kempo ini sendiri, menyesuaikan pada serangan lawan. Terkadang hanya membutuhkan gerakan sederhana untuk menghindar. Dan, efektivitas gerakan Kempo ini sangat cocok untuk semua orang, dari semua usia - mulai dari 7 tahun - hingga untuk semua orang dengan bentuk tubuh yang beragam.

Kekuatan pada bela diri Kempo adalah bagaimana melatih semua bagian tubuh agar seimbang. Disertai latihan dan pengetahuan tentang teknik apa saja yang bisa membuat tubuh kita tidak fleksibel.


ZAZEN



Gerakan ZAZEN ini ditujukan agar Sobat Panther tetap tenang dan mampu mengatur pernapasan serta membebaskan pikiran. Sama seperti ketika meditasi. Teknik yang digunakan ini, dilakukan agar Sobat Panther bisa tenang sebelum berlatih atau justru setelah latihan.


TAISABAKI


Nah, ini dia teknik yang fungsinya untuk menghindari tendangan dan pukulan. Kemudian, mengubah arah tubuh agar lawan kehilangan keseimbangan. Dalam teknik ini, Sobat Panther akan menghapal nama-nama gerakan. Jadi, setiap gerakan memiliki tujuan atau fungsi yang harus dihapal dan diperhatikan dengan baik. Sehingga, tidak ada kesalahan gerakan saat latihan.


  • Yokofurimi : gerakan ini dengan melangkahkan kaki kanan ke arah kanan sambil mengayunkan tubuh ke arah kanan.
  • Ryusui : Langkahkan kaki kanan sedikit ke arah kanan sambil menggerakkan tubuh 45 derajat ke arah kanan di mana bahu kiri turut membarenginya sehingga gerakan tubuh bisa mengarah ke kanan.
  • Sorimi : Meletakkan atau menumpukan berat badan pada kaki belakang, kemudian tubuh tarik ke belakang.
  • Hikimi : Menarik tubuh bagian tengah menuju arah belakang supaya menjauhkan diri dari usaha lawan dalam menjangkau kita.
  • Han Tenshin : Menarik kaki belakang di belakang kaki kiri untuk berbelok ke arah kanan dan membuat tubuh bergeser ke arah kiri. Biasanya, langkah ini efektif bila ingin menghindar dari pukulan/tendangan lurus lawan.
  • Gyakutensin : Menarik kaki depan di belakang kaki kanan supaya bisa dibelokkan ke arah kiri sambil menggeser badan ke arah kanan; kebalikan dari han tenshin dan teknik ini juga membantu menghindari serangan lurus lawan.
  • Nisoku zen tenkan : Memutar tubuh 180 derajat dalam 2 langkah di mana langkah ini sangat penting dan masih termasuk dari juho yang tujuannya membuang lawan.



Gerakan-gerakan yang mampu memutar tubuh hingga mengempaskan tubuh lawan. Harus dipelajari di bawah pengawas pelatih profesional. Sebab, jika salah gerakan, bisa mengakibatkan tubuh cidera. Karena itu, akan lebih baik kalau Sobat Panther bergabung bersama Panther Martial Arts. Untuk bisa berlatih setiap minggu bersama-sama. Jadi, nantinya bisa langsung dipraktekkan dengan teman satu Dojo.

Bagaimana? Tertarik untuk berlatih Kempo bersama? Daftarkan diri Sobat Panther ke kontak yang ada di bawah ini.




Panther Martial Arts
Manajemen Bela Diri Di Bekasi
Website : https://www.panthermartialart.com/
Fanpage : Panther Martial Arts Indonesia
Email : panthermartialarts.indonesia@gmail.com
Instagram : @panthermartialart
Whatsapp : wa.me/6285217486696

Pages