Syahbandar Pendekar Silat Yang Disegani Di Tanah Jawa

silat syahbandar


Apakah Sobat Panther tahu, kalau pada masa penjajahan. Pencak Silat hanya boleh diajarkan untuk anak-anak bangsawan saja? Bahkan, bisa membuat seorang anak bangsawan diusir dari kampungnya di Pagaruyung Minangkabau hanya karena mengajarkan pencak silat pada masyarakat awam. Kisah ini merupakan kisah nyata yang dialami oleh Mohammad Kosim Amak Syahbandar. Yang lahir di Pagaruyung pada tahun 1766 silam.

Beliau sudah terbiasa bergaul dengan masyarakat dari kalangan bawah. Sehingga, beliau sangat mengetahui bagaimana sengsaranya masyarakat di tengah kondisi yang tidak kondusif. Banyak terjadi penyelewengan jabatan. Sehingga banyak membuat masyarakat kalangan bawah menjadi korban kekerasan dan ditindas. Sebab itu pula, Moh Kosim mulai mengajarkan pencak silat pada orang-orang tersebut.

Karena banyaknya orang yang tertarik. Membuat keberadaan tempat berlatih silat miliknya mendapat pertentangan. Sebab, pencak silat hanya boleh diajarkan pada para bangsawan saja. Dari pertentangan inilah akhirnya Moh Kasim diusir dari kampungnya. Kemudian, tak lama berselang beliau tiba di Batavia. Di pelabuhan inilah beliau hidup terlunta-lunta, hingga kemudian namanya dijadikan nama tempat di Jakarta.

Setelah itu, beliau terus ke wilayah Jawa Barat. Konon, beliau mampir ke Cianjur juga ke desa di Purwakarta. Di Wanayasa inilah, tampak jelas terdapat makam Syahbandar yang dikenal sebagai Guru Pencak Silat tersohor di masanya. Sejak itu pula, ilmu silatnya banyak diturunkan dan diwarisi dari generasi ke generasi.


Di tempat latihan Pencak Silat Panther Martial Arts Bekasi. Sobat Panther akan diajarkan beberapa jurus yang merupakan paduan dari silat Syahbandar ini. Dimana, silat ini mengutamakan ketenangan diri sebelum memulai latihan dan pertarungan. Inilah yang menjadi daya tarik utama mengapa silat Syahbandar terus dipelajari hingga kini.


Berada di bawah naungan IPSI atau Ikatan Pencak Silat Indonesia. Tim dari PPS Sandhika ikut membantu melatih Sobat Panther yang bergabung di Panther. Sudah tentu pula izin mengajar terpenuhi. Sampai, nomor induk pun bisa didapat jika bergabung dengan cabang olahraga bela diri Pencak Silat di Panther.

Tujuan dari belajar pencak silat bukan sekadar bisa bela diri. Tapi, mempelajari banyak hal mengenai filosofi gerakan hingga aturan dasar yang harus ditaati oleh para Jawara Silat. Sebab, jika tidak dipahami betul dan dipelajari dari ahlinya. Tentu, akan menyebabkan banyak hal yang tidak diinginkan. Semisalnya cedera saat latihan. Atau menjadi teramat sombong.

Kelebihan lainnya bergabung dengan tim pencak silat di Panther adalah mudah untuk mengikuti kompetisi. Dalam setahun ini, sudah beberapa kali atlet junior dari cabang olahraga pencak silat ini mengikut kompetisi tingkat nasional. Harapannya, bisa menjaring bibit unggul yang nantinya akan diikut-sertakan dalam kompetisi kejuaraan dunia. Bermimpi dulu, boleh kan? Tapi, harus berproses dengan berlatih secara rutin dan konsisten. Serta, berani untuk mengikuti beragam kompetisi bela diri.


Panther Martial Arts
Manajemen Bela Diri Di Bekasi
Website : https://www.panthermartialart.com/
Fanpage : Panther Martial Arts Indonesia
Email : panthermartialarts.indonesia@gmail.com
Instagram : @panthermartialart
Whatsapp : wa.me/6285217486696

Pages