Mengapa Kempo Merupakan Bela Diri Yang Banyak Diminati?

shorinji kempo



Tahukah Sobat Panther, bahwa keberadaan Kempo ini sudah bertahun-tahun diyakini sebagai bela diri yang efektif. Apalagi, Kempo merupakan akar bela diri di Jepang. Yang di kemudian hari berkembang menjadi beragam jenis bela diri.

Dikatakan efektif, karena perkembangan gerakan Kempo banyak digunakan untuk street-self defense. Atau biasa dikenal dengan bela diri jalanan. Dimana teknik seperti kuncian, pukulan sampai bantingan juga digunakan untuk melindungi diri. Tapi, yang paling berbeda adalah Kempo mengajarkan untuk menunggu serangan, bukan memulai serangan kecuali sedang berada di pertandingan.

Ada beberapa hal yang menjadi daya tarik Kempo. Sehingga, bela diri ini banyak diminati.



Memiliki Karakter Gerakan Yang Kompleks



Dalam latihan Kempo, ada dua gerakan yang dilatih secara bersamaan. Kedua gerakan tersebut merupakan gabungan dari beberapa teknik. Ada teknik keras seperti memukul, menendang dan menangkis. Sementara teknik lunak seperti mengunci gerak lawan, melipat gerakan dan membanting tubuh lawan.

Jangan khawatir, selama latihan di Panther Martial Arts. Latihan seperti membanting ini diajarkan agar tidak membuat tubuh kenshi cedera. Selain itu, di tempat kami latihan juga sudah menggunakan matras yang ketebalannya sesuai standar yang diberikan oleh pihak berwenang.


Simak Keseruan Shorinji Kempo Kids Festival 2019

Mengajarkan Bela Diri Untuk Perlindungan Diri



Karena awal mula Kempo ini merupakan bela diri khusus para biksu. Yang ditujukan agar saat biksu-biksu ini menyebarkan ajaran Buddha. Mereka memiliki kemampuan melindungi diri mereka sendiri kala menghadapi tantangan apalagi kejahatan selama perjalanan. Sebab itu, gerakan dari Kempo tidak dibuat untuk tujuan membunuh. Tapi, hanya untuk bertahan atau menyerang demi keselamatan diri. Jika menggunakan teknik lunak saja sudah cukup, maka teknik keras tidak lagi diperlukan.



Ada Ujian Kenaikan Tingkat Dan Data Kenshi



Berlatih Kempo di Panther Martial Arts mendapat dua manfaat. Pertama, para Kenshi yang berlatih akan didaftarkan di pengurus pusat. Sehingga, setiap kenshi mendapat nomor induk masing-masing yang terdaftar. Jika suatu saat ingin melanjutkan latihan ke pulau lain atau daerah lain. Masih tetap bisa bergabung dengan menyertakan nomor induk. Kedua, bergabung bersama Panther bisa mendapat peluang mengikuti ujian kenaikan tingkat bersama kenshi dari dojo lain. Karena, Panther sudah dipercaya menyelenggarakan ujian kenaikan tingkat di tempat Panther menyelenggarakan latihan.



Mengajarkan Kerapian Dan Disiplin




Di Panther, setiap Kenshi yang datang berlatih. Pasti akan dididik untuk menerapkan kerapian tempat berlatih. Seperti, meletakkan sepatu atau sandal dengan rapi. Kemudian, menyimpan tas dan perlengkapan latihan dengan rapi. Jangan sampai terlihat sedikit berantakan. Kemudian, jika datang terlambat tentu akan mendapat sanksi. Berupa pemanasan yang lebih lama. Ini ditujukan agar kenshi yang berlatih terbiasa untuk disiplin dimanapun mereka berada.



Kempo pada dasarnya sama dengan bela diri lain. Namun, keberadaannya sudah lebih dulu ada sebelum bela diri yang banyak macamnya seperti saat ini. Karena itu, gerakan Kempo pun sering terlihat ada di beberapa bela diri. Sebab, Kempo bisa dikatakan bela diri dasar yang kemudian banyak dikembangkan menjadi beragam bela diri seperti saat ini.

Jangan khawatir untuk mengajak anak-anak berlatih Kempo. Karena, sudah tentu dilatih oleh Senpai yang profesional. Dengan gerakan yang harus sesuai. Apalagi kelenturan tubuh juga sangat diperhatikan. Jadi, anak-anak akan merasa senang berlatih bersama di tempat latihan.




Panther Martial Arts
Manajemen Bela Diri Di Bekasi
Website : https://www.panthermartialart.com/
Fanpage : Panther Martial Arts Indonesia
Email : panthermartialarts.indonesia@gmail.com
Instagram : @panthermartialart
Whatsapp : wa.me/6285217486696

Pages