Kenapa Martial Arts Dan Dari Mana Asalnya?

Sobat Panther sudah tahu kenapa Pencak Silat, Taekwondo hingga Kempo disebut Martial Arts? Awal mula kehadirannya, Martial Arts ini sebenarnya pelatihan untuk para petarung. Namun, gerakan latihan mereka sudah disesuaikan untuk bertempur. Setiap gerakan disertai dengan siasat yang sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Dari banyaknya ragam Martial Arts. Kehadirannya memiliki satu tujuan yang sama, yaitu melawan musuh atau tindak kejahatan. Martial sendiri berasal dari kata Mars yang bagi orang Romawi merupakan dewa perang.


Sejarah Martial Arts


Latar belakang sejarah Martial Arts ini banyak digunakan oleh orang-orang zaman dahulu kala. Mereka hidup dengan cara bertempur dan berperang untuk mempertahankan wilayah kekuasaan atau daerah sumber makanan.

Bodhidharma, seorang lelaki yang berasal dari India. Mengombinasikan falsafah Chan (Cina) dan Zen (Jepang) ke negeri Cina saat dirinya pindah ke bagian selatan Cina. Ilmu yang diajarkan di tempat tersebut banyak mengajarkan tentang filosofi Martial Arts. Dimana memusatkan pada kerendahan hati dan pengendalian diri yang masih terus dipakai hingga saat ini.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa Bodhidharma adalah orang pertama yang membentuk Martial Arts untuk Shaolin. Namun, sesuai perkembangannya banyak orang meragukan penelitian tersebut.




Public Figure Yang Berkecimpung Di Dunia Martial Arts



1. Itosu Anko (1831-1915) 


Ia dikenal sebagai Bapak Karate. Walaupun banyak orang lebih mengenal Gichin Funakoshi yang menyebarkan Karate ini ke seluruh Jepang. Ia mempelajari Tode di bawah pengawasan Nagahama. Tode merupakan bela diri yang berasal dari Okinawa. Gerakannya terdiri dari Karate, Tegumi dan Kobudo. Karate sendiri memang tidak diciptakan oleh Itosu. Tapi, gerakan dari Karate yang ada saat ini adalah hasil penyempurnaan yang dilakukan oleh Itosu Anko. Dimana setiap katas atau gerakan dimodifikasi agar lebih mudah dipelajari.


2. Kano Jigoro (1860-1938) 


Beliau adalah penemu bela diri Judo. Yang merupakan bela diri pertama di Jepang yang menjadi cabang olahraga pertama di Olimpiade olahraga. Pada mulanya, ia mempelajari Jujutsu saat masih muda. Dari pelatihan selama beberapa waktu inilah, Kano mempelajari beberapa teknik. Yang di kemudian hari, mencampurkan ragam teknik dari gerakan sumo serta kata guruma. Hingga kemudian, untuk membedakan Jujutsu yang diajarkan oleh gurunya dengan teknik Jujutsu campuran, maka dibuatlah nama baru yaitu Judo.


3. Bruce Lee (1940-1973) 


Siapa yang tak mengenal Bruce Lee. Seorang aktor yang juga seorang praktisi bela diri. Pada masanya, film-film yang dibintangi olehnya sangatlah terkenal. Melegenda hingga saat ini. Tapi, siapa yang sangka jika gaya berkelahinya di setiap film yang dibintangi olehnya. Ternyata banyak dimodifikasi hingga membuat Martial Arts baru dengan nama Jeet Kune Do. Pada awalnya, Jeet Kune Do mendapatkan banyak kritik. Meski begitu, Bruce Lee tidak menyerah untuk terus mengembangkan teknik bela diri antara bela diri tradisional kungfu dengan bela diri modern seperti Street Self Defense.




Pada perkembangannya, Martial Arts ini kemudian memiliki banyak sekali jenis. Ada yang memfokuskan pada kekuatan kaki, kekuatan tangan, permainan senjata hingga olahraga yang di kemudian hari dikenal sebagai Tinju. Meski Martial Arts ini banyak macamnya, tapi tidak membuat para peminat bela diri kebingungan.

Setiap bela diri didesain sesuai dengan kebutuhan. Bagi Sobat Panther yang ingin mempelajari bela diri yang banyak ragamnya ini. Silakan pilih yang sesuai dengan minat Sobat Panther. Bahkan, Sobat Panther bisa mencoba kelas latihan bela diri gratis. Untuk dua kali masa percobaan sebelum memutuskan memilih mana yang cocok. 

Di Panther Martial Arts, kami memberikan keputusan sepenuhnya dari Sobat Panther. Tidak ada paksaan harus memilih bela diri tertentu. Karena, di tempat kami ada banyak jenis bela diri yang diajarkan. Tertarik? Silakan hubungi kami di kontak informasi di bawah ini.



Panther Martial Arts 
Manajemen Bela Diri Di Bekasi 
Website : https://www.panthermartialart.com/
Fanpage : Panther Martial Arts Indonesia
Email : panthermartialarts.indonesia@gmail.com
Instagram : @panthermartialart
Whatsapp : wa.me/6285217486696

Pages