Manfaat Salam Hormat Sebelum Berlatih Bela Diri

bela diri bekasi
Salam Hormat Sebelum Latihan Bela Diri - Ada satu hal yang selalu dilakukan sebelum berlatih bela diri. Baik itu Taekwondo, Pencak Silat, Kempo sampai Karate dan Judo. Jika Sobat Panther teliti, setiap sebelum berlatih akan selalu dimulai dengan sikap salam.
Setiap salam penghormatan dalam cabang olahraga yang ada di Panther Martial Arts ini berbeda-beda. Tapi, selalu memiliki makna yang sama. Kebiasaan memberikan salam penghormatan, tidak selalu dilakukan setiap hendak latihan. Ketika Sobat Panther datang ke tempat latihan. Kemudian, bertemu dengan sesama anggota yang ikut berlatih. Adalah keharusan untuk memberikan salam penghormatan. Apalagi, kalau Sobat Panther bertemu dengan pelatih. Tentunya salah penghormatan tidak boleh diabaikan. Jika yang berlatih adalah anak Anda. Sobat Panther jangan khawatir. Ajarkan saja anak-anak, untuk dibiasakan memberikan salam hormat setiap hadir di tempat latihan. Agar kebiasaan baik ini tertanam dengan baik dalam alam bawah sadar anak-anak.

Sebenarnya, apa saja sih manfaat dari memberikan salam penghormatan ini?

Manfaat Salam Hormat Sebelum Berlatih Bela Diri




Sebagai Sapaan

Menyapa teman-teman Sobat Panther di tempat latihan memiliki banyak cara. Selain mengucapkan salam. Juga diikuti dengan gerakan khusus, yaitu gerakan salam. Jangan lupa juga, saat menyapa sematkan pula seulas senyum yang tulus. Biar lebih maksimal.

Bentuk Penghormatan

Sesuai dengan sebutannya, salam hormat ini memang ditujukan untuk menghormati. Jika kita bertemu dengan teman berlatih bela diri. Berarti Sobat Panther menghormati teman. Ketika salam tersebut ditujukan pada pelatih. Maka hal tersebut sebagai bentuk rasa hormat Sobat Panther terhadap guru kita. Bisa juga ditujukan pada para penonton ketika bertanding. Sebagai rasa tunduk dan hormat kita pada mereka yang mau meluangkan waktunya menyaksikan pertandingan.

Menunjukkan Sikap Berwibawa

Sebagai seorang pelajar bela diri. Sudah semestinya Sobat Panther memahami nilai-nilai yang senantiasa diberikan oleh para pelatih. Bukan hanya sekadar mengingat gerakan saat berlatih. Tapi, juga hal kecil seperti memberikan salam hormat.
Banyak para petarung yang selalu memberikan salam hormat sebelum mereka adu kemampuan. Kenapa? Karena, pada dasarnya, ketika Sobat Panther memberikan salam hormat pada siapapun termasuk saingan dalam kompetisi. Berarti Sobat Panther menunjukkan jiwa pemberani dan berwibawa. Salam hormat menjadi media gerakan yang mewakili diri kita. Bahwa, dengan berlatih ilmu bela diri tidak membuat kita menjadi sombong dan angkuh. Tapi, justru berusaha untuk terus rendah hati dan sabar. Namun, memiliki kepribadian yang kuat serta percaya diri yang tinggi.

Rasa Terima Kasih

Siapa bilang kalau salam hormat hanya dilakukan sebagai penghormatan saja? Ternyata, salam hormat saat selesai latihan atau selesai pertandingan. Juga, diartikan sebagai rasa terima kasih. Menghormati dan menghargai aktivitas yang tadi dilakukan bersama di tempat latihan. Jika dilakukan setelah latihan. Berarti salam tersebut bermakna terima kasih pada guru atas ilmunya. Terima kasih pada teman-teman seperguruan atas kerjasama saat berlatih. Namun, ketika dilakukan usai pertandingan. Berarti kita mengucapkan terima kasih pada para Juri atas waktunya. Terima kasih pada lawan kita saat berkompetisi karena sudah bertarung secara sportif. Serta rasa terima kasih pada penonton karena sudah mau menyaksikan pertandingan Sobat Panther.

Salam hormat bukan saja sekadar gerakan dasar sebelum dan sesudah latihan. Dalam gerakan ini tersimpan banyak nilai-nilai luhur yang mengandung banyak makna. Sudah sepatutnya Sobat Panther memahami gerakan salam ini. Sehingga, bisa menjadi kebiasaan yang baik. Serta mampu diamalkan dalam kehidupan.


Seorang petarung yang baik adalah mereka yang mampu menghormati dan menghargai kawan dan juga lawan.








Panther Martial Arts 
Manajemen Bela Diri Di Bekasi 
Website : https://www.panthermartialart.com/ 
Fanpage : Panther Martial Arts Indonesia
Email : panthermartialarts.indonesia@gmail.com
Instagram : @panthermartialart
Whatsapp : wa.me/6285217486696

Pages