Lakukan Pemanasan Sebelum Latihan Agar Terhindar Dari Cedera

bela diri bekasi
Sobat Panther setiap hendak latihan, apa yang harus dilakukan? Selain mempersiapkan seragam berlatih. Kemudian, memastikan tempat berlatihnya aman dari tempat berbahaya. Sampai aman dari benda yang bisa membahayakan. Ada hal lain yang juga jangan sampai terlewat.

Yaitu, pemanasan. Setiap hendak melakukan olahraga apapun. Memang kita diharuskan untuk melakukan peregangan. Tentunya, peregangan bukan sekadar ritual biasa sebelum berlatih. Tapi, harus menjadi kebiasaan baik yang jangan sampai terlupa.

Pernahkah Sobat Panther mengalami cedera saat latihan? Coba dicek lagi. Jangan-jangan, Sobat Panther lupa melakukan peregangan sebelum berlatih. Selain kebiasaan sebelum latihan. Ternyata, ada banyak sekali manfaat peregangan atau pemanasan sebelum latihan. 

Apa saja manfaat dari pemanasan sebelum latihan?










Lakukan Pemanasan Sebelum Latihan Agar Terhindar Dari Cedera





Menghindari Tubuh Dari Cedera



Apa hubungannya pemanasan dengan cedera? Sebelum berlatih atau melakukan kegiatan fisik. Otot dalam tubuh kita dalam posisi santai. Suhunya masih cenderung dingin dan belum siap jika sewaktu-waktu digunakan untuk aktivitas fisik dalam jumlah banyak.

Berlatih bela diri membutuhkan kegiatan fisik yang cukup maksimal. Sehingga, otot tubuh kita juga butuh persiapan yang tidak sedikit. Karena itu, pemanasan sebelum latihan. Mampu meningkatkan suhu otot sehingga lebih siap saat berlatih. 

Perlu diingat pula, pemanasan yang dilakukan haruslah dengan gerakan yang tepat. Jika asal-asalan, tetap tidak akan membuat otot kita memiliki persiapan yang optimal. Sehingga, bisa tetap membuat otot cedera saat berlatih.



Mampu Membuat Tubuh Lebih Lentur



Lentur maksudnya adalah rentang gerak sendi atau panjang ligamen dan tendon yang membungkus sendi. Dalam berlatih bela diri, kelenturan merupakan hal utama yang dimiliki para atlet. Karena itulah, setiap hendak berlatih. Setiap atlet akan melakukan gerakan pemanasan dengan tepat.

Contoh kelenturan tubuh sangat diutamakan adalah ketika berlatih Taekwondo. Ketika kaki tidak lentur dan masih cenderung kaku. Maka akan sulit untuk melakukan split kaki. Padahal, peregangan kaki dengan split sangat menentukan apakah tendanganmu akan sesuai atau tidak.

Begitu pula saat berlatih Kempo. Ketika berlatih gerakan Juho dibutuhkan kondisi tangan yang lentur. Sehingga, ketika lawan melakukan kuncian, tubuh kita tetap mampu bertahan. Dalam berlatih Kempo, kelenturan sangat dibutuhkan agar ketika berlatih, Sobat Panther bisa bekerjasama dengan baik. Jika tidak, maka tubuh kita akan mengalami cedera.

Sama halnya ketika berlatih pencak silat. Tangkisan dan gerakan pencak silat yang mirip tarian sehingga sering dikaitkan dengan kesenian. Membutuhkan tubuh yang cukup lentur. Pemanasan yang asal-asalan bisa membuat gerakan tampak kaku. Tak hanya itu, saat menangkis atau gerakan menghindar. Bisa membuat tubuh kita kehilangan keseimbangan karena belum siap.



Melatih Pernapasan Agar Tetap Stabil



Napas adalah aspek utama kita saat latihan. Kalau napas kita tidak stabil bahkan cenderung tidak terkendali. Maka bisa dipastikan, selama latihan kita akan kesulitan mencerna gerakan sampai mengalami penurunan konsentrasi. 

Bela diri membutuhkan tingkat konsentrasi yang cukup tinggi. Selain untuk menghapal gerakan, memahami tujuan gerakan juga berguna melihat gerakan lawan. Sebab itulah, sangat dibutuhkan pengaturan napas agar tetap stabil selama olahraga bela diri.

Pengaturan napas ini bisa dilakukan saat peregangan. Ketika pemanasan, tubuh kita menerima sinyal untuk bersiap melakukan aktivitas fisik. Salah satunya, organ paru-paru yang sudah mulai menyiapkan diri untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan gerakan pemanasan yang tepat, maka Sobat Panther akan mampu menstabilkan napas selama latihan.




Pemanasan adalah komponen penting sebelum latihan bela diri. Karena, bisa membantu agar otot dalam tubuh tetap terjaga. Selain itu, pemanasan yang tepat dan cukup bisa membuat tubuh siap menjalani aktivitas fisik. Dengan pemanasan, berlatih bela diri cabang olahraga apapun bisa lebih optimal. Bagaimana? Sobat Panther sering lupa pemanasan tidak?



Panther Martial Arts
Manajemen Bela Diri Di Bekasi
Website : https://www.panthermartialart.com/
Fanpage : Panther Martial Arts Indonesia
Email : panthermartialarts.indonesia@gmail.com
Instagram : @panthermartialart
Whatsapp : wa.me/6285217486696

Pages