3 Jenis Olahraga Yang Bisa Dilakukan Untuk Tubuh Lebih Sehat Dan Tulang Yang Kuat

3 Jenis Olahraga Yang Bisa Dilakukan Untuk Tubuh Lebih Sehat Dan Tulang Yang Kuat






Panthermartialart.com - Olahraga, belakangan ini, menjadi salah satu resolusi yang paling sering disebut oleh sebagian besar orang di tahun 2019. Faktanya, beragam informasi yang menunjukkan betapa rendahnya tingkat aktivitas fisik yang dilakukan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia ini memberi dampak yang tidak sedikit terhadap kesehatan mereka.

Tingkat obesitas yang tinggi, penurunan produktivitas akibat kekurangan gizi, hingga osteoporosis usia dini karena asupan yang kurang bergizi serta kekurangan cahaya matahari pagi. Bagaimana mungkin menikmati mentari pagi, sementara di jam-jam tersebut, berbondong-bondong para pekerja dan pelajar sudah harus siap di tempat mereka menghabiskan waktu untuk melakukan kewajibannya hari itu. 

Untuk Anda yang memiliki resolusi berolahraga di tahun 2019 ini, beberapa olahraga di bawah ini bisa dicoba sebagai cara untuk berusaha agar bisa bergerak lebih aktif dan usaha untuk tetap sehat.


1. Self Defense 



Bela diri, bukan lagi olahraga yang baru di kalangan masyarakat Indonesia. Semua orang bisa mencoba olahraga bela diri yang mengutamakan Pernapasan - Taktik - Gerakan. Berlatih bela diri, tidak hanya membantu untuk membentuk tubuh agar lebih sehat saja, tapi juga membentuk pikiran dan mental agar lebih tangguh dan percaya diri.

Faktanya, olahraga bela diri ini pun banyak dilakukan di luar ruangan, meski tidak menutup kemungkinan berada di dalam ruangan. Di Panther Martial Arts, misalnya, setiap beberapa hari dalam satu minggu diadakan latihan di dalam Gedung Balai Rakyat Permunas Satu Bekasi. Sementara di hari lain dan hari Minggu, kegiatan olahraga bela diri yang mencakup Taekwondo, Kempo dan Pencak Silat, dilakukan di luar ruangan.

Khusus hari Minggu, setiap peserta bela diri yang bergabung bersama Panther Martial Arts, menghabiskan waktu olahraga dengan banyak orang di kawasan Car Free Day. Beberapa dari para olahragawan dan olahragawati yang berkumpul setiap pagi di hari Minggu, juga sering ikut berlatih bela diri bersama. 

Mereka mengakui sendiri, bahwa olahraga bela diri ini membuat mereka merasa lebih segar dan bugar. Juga, menyeimbangkan energi dalam tubuh mereka sehingga energi yang tersimpan bisa optimal tanpa takut kehabisan energi.


2. Jalan Kaki


Ini olahraga yang sangat sederhana tapi memiliki banyak manfaat. Berjalan kaki entah menuju lokasi kantor atau sekolah sangat disarankan bagi Anda yang tidak lagi memiliki waktu untuk merasakan sinar mentari pagi hari. Sambil menikmati perjalanan menuju tempat yang dituju, Anda juga bisa melakukannya sambil mendengarkan musik dan menikmati udara pagi.

Meski tampak sederhana, jalan kaki juga terbukti bisa mengoptimalkan peredaran darah dalam tubuh.


3. Workout


Bagi sebagian orang, joging di pagi hari sebelum beraktivitas atau bekerja merupakan hal yang cukup sulit dilakukan. Kalau begitu, Anda bisa mengatur jadual agar tetap bisa berolahraga di dalam ruangan, baik itu di kantor atau ketika pulang ke rumah. Olahraga jenis ini sebenarnya cukup mudah, serta sudah banyak dibagikan di kanal Youtube untuk instruksinya. Tentunya, banyak pula simple workout ini yang tidak membutuhkan alat olahraga, cukup menggunakan beban tubuh.


Nah, jenis olahraga saat ini sangat beragam dan memudahkan Anda untuk menentukan mana yang paling sesuai. Jadi, tinggal melatih seberapa mampu kita konsisten dalam menjaga tubuh agar lebih sehat. 


Semangat!

1 comment:

  1. Aku pilih jalan kaki aja deh kak yang gampang. Tiap hari turun dari transportasi umum juga aku jalan kaki dulu menuju kantor :D

    ReplyDelete

Pages